Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan

137 views

Berbicara atau membahas pendidikan yang sangat penting dan menurut blogersumatra.net juga sangat wajib di jalani oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. seperti yang di kutip judul di atas yaitu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pendidikan. Saya suka dengan kata kata bob soedino yaitu " orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan dan orang goblok itu berjuang keras untuk sukses kemudian bisa membukan lapangan kerja. Lanjut kepembahasan pokok utama sebagai berikut.

Perkembangan Pendidikan

Faktor Pengaruh Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu proses dimana kemampuan yang dimiliki  seseorang hendak di kembangkan secara berkala, bakat merupakan factor dasar sebagai kemampuan merupakan factor yang peroleh  dari interaksi individu dengan lingkungannya. Menurut para ahli ada dua factor yang mempengaruhi perkembangan danpertumbuhan dalam pendidikan:

  • Factor bawaan  atau potensi  bawaan (heredity)
  • Factor lingkungan (environment)

Dari kedua factor diatas muncul bermacam - macam pendapat yang kemudin yang kemudian digolongkan dalam tiga golongan yaitu :

 

Tiga Pendapat Faktor Pertumbuhan Perkembangan Pendidiakan

Golongan nativisme

Golongan nativisme - Para  ahli yang mengikuti aliran ini menyatakan bahwa perkembangan individu itu semata-mata ditentukan oleh factor yang dibawa sejak lahir atau factor bawaan.  Aliran ini mengatakan bahwa pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh apa-apa terhadap perkembangan individu.

 

Begitu juga aliran ini dikenal dengan sebutan “pesimisme paedagogis” alliran yang diperkuat oleh Chomsky seorang ahli linguistic bahwa perkembangan bahasa pada manusiatidak dapat dipengaruhi oleh proses belajar tetapi lebih banyak dipengaruhi oleh” biological predis position” yakni kecenderungan yang dibawa mulai sejak lahir.

 

Dikatakan aliran psimistis karena tidak membutuhkan peran pendidikan semisal contoh apakah anak musisi akan menjadi musisi tanpa adanya fasisilitas  yang dapat menunjang atau memajukan bidangnya? Kenyataannya menunjukkan adanya kemiripan antara orang tua dan anak namun apakah kesamaan tersebut benar-benar dasar yang dibawa sejak lahir?.

 

Aliran empirisme

Aliran empirisme - merupakan aliran yang bertentangan dengan aliran nativisme dengan mengatakan bahwa perkembangan itu semata-mata bersumber dari factor lingkunga, aliran empirisme ini dipelopori oleh seorang tokoh yang terkenal dengan teori “ tabula rasa” yaitu Jhon lock.

 

Salah satu ciri spesifik dari aliran empiris ini alah menekankan atau lebih cenderung terhadap lingkungan, pendidikan, dan pengalaman sedangkan bakat yang dibawa sejak lahir dikatakan tidak ada pengaruhnya sama sekali. Hingga terkenal dengan aliran “ optimism paedagogis”. Salah satu kelemahan aliran ini saat diuji kebenarannya ternyata tidak dapat dipercayai secara penuh tentang kebenarannya seperti kasus:

 

Kita sering menemukan anak yang orang tuanya kaya berhasil kemudian memasukkan anaknya kesekolah dan memfasilitasi tetapi gagal ataupun tidak berhasil begitu juga banyak pula anak-anak orang yang dibawah rata-rata sangat berhasil dalam belajarnya walaupun fasilitas mereka dapatkan terbatas.

 

Aliran Gabungan

Aliran Gabungan - Aliran ini merupakan gabungan dari aliran nativisme dan empirisme, artinya factor –faktor bawaan dan factor lingkungan memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu, tokoh ini dipelopori oleh seorang ilmuwan yang menganggap bahwa bakat sebagai kemungkinan yang telah ada pada masing masing-masing individu dan dapat dikembangkan pabila ditunjang dengan lingkungan yang serasi, yaitu William Stern.

 

Namun hal tersebut  belum tentu dapat berkembang kecuali bakat tersebut  memang sudah matangan, kemudian dalam pencapaian melibatkan eberapa factor.

  1. Perlengkapan dan pertumbuhan fisiologis termasuk kelengkapan pribai  tubuh, alat-alat indra dan kapasitas intelektual.
  2. Motivasi menyangkut kebutuhan minat, serta tujuan individu untuk mempertahankan dan mengembangkan potensi diri.

Semoga kutipan diatas dapat mampu memberi gambaran terhadapt saabat yang membutuhkan sebagai cermin untuk didiskusikan bersma sebagai perbandingan dan dasar untuk bahan baik pelajaran maupun bersifat individu.

 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Browser Chrome Error

 

Mungkin hanya itu saja yang dapat blogersumatra sampaikan tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pendidikan. Apabila ada kesalahan kata dalam penulisan saya mohon maaf dan jika ada pembahasan yang kurang atau tidak sesuia, di mohon untuk menambahkannya di kolom komentar. anda juga harus mencari refrensi lain untuk membandingkan pembahasan pembahasan. Terimakasih.

Tags: #Faktor Pendidikan #Perkembangan Pendidikan #Pertumbuhan Pendidikan

Leave a reply "Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan"