Jenis Jenis Media Iklan di Internet

215 views
Iklan Internet – Iklan adalah gambaran perusahaan, jasa, bisnis dan lain sebagianya yang di buat untuk mempromosikan tentang apa saja yang di sediakan dalam kegitannya. Pada umumnya iklan di buat dengan mempromosikan fitur-fitur yang semenarik mungkin agar dapat menarik pembacanya untuk misalnya membeli produk atau berlangganan jasa dan lain sebagainya.
Berdasarkan penempatan iklan di media social pada blog maupun website memiliki tarif harga yang berbeda, untuk penempatan iklan yang mempunyai terif pembayaran atas pemasangan iklan dengan harga yang maksimal yaitu di bagian header dan berjeniskan iklan banner pada halaman blog atau web.

Jenis Iklan internet

Berdasarkan jenis media iklan yang ada pada internet, iklan di bagi menjadi:
1. Iklan banner
2. Iklan spons
3. Iklan orship
4. Iklan Classifi
5. Iklan ed
6. Iklan Slotting
7. Iklan fee
8. Iklan key
9. Iklan word
10. Iklan interste
11. Iklan tial
12. Iklan search
13. Iklan rich
14. Iklan media
15. Iklan e-mail dan
16. Iklan lainnya.

A. Iklan Banner

Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan pada internet. Begitu anda melakukan di wahanna informasi super highway, maka banner akan dapat anda lihat di segala tempat. Ukuran file dari dari image yang akan ditampilkan berkisar dari 7 (tujuh) hingga 10 (sepuluh) kb.
Iklan banner di bagi menjadi dua jenis, yaitu iklan banner keyword dan iklan banner random. Iklan banner keyword muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari mesin pencarian. Ini akan efektif bagi perusahaan yang ingin mengerucutkan audien yang menjadi sasarannya. Sedanglan iklan banner random adalah iklan yang muncul secar acak. Berdasarkan bentuknya iklan banner di bagi lagi menjadi, iklan banner swapping, iklan banner exchanges (tukar banner), dan iklan banner paid advertising.
 

B. Iklan Persegi Panjang

Jenis iklan ini dapat meningkatkan matrik kunci sebesar 40% di bandingkan ukuran banner, menurut penelitian the intenet advertising bureau, ACNielsen, CNET Network, DoubleClick dan MSN. Iklan persegi panjang besar menjadi efektif kalau di padukan dengan tipe iklan skyscraper.

C. Iklan Skyscraper

Iklan ini hampir sama bentuknya dengan iklan banner. Jika iklan banner memanjang secara horizontal maka iklan skyscraper memanjang secara vertical. Helene Curtis mencoba menggunakan jenis iklan ini di iWon. Iwon adalah web hosting peringkat ketiga dunia setelah MSN dan Yahoo, dengan impresi 11.776.585.000.

D. Iklan Sponsorship

Bentuk iklan internet yang baru tumbuh popularitasnya adalah iklan sponsorship pada halaman web. Iklan sponsorship berdasarkan survey internet advertising bureau menempati peringkat kedua setelah banner, dengan pangsa pasar 25%. Perusahaan sponsor memassuki bagian publisher dari halaman web atau peristiwa tunggal untuk periode waktu yang terbatas, pada umumnya dihitung perbulan.

E. Iklan Interstitial

Interstitial merupakan iklan yang dinamis pada internet. Iklan Interstitial berbentuk bermacam-macam iklan animasi yang muncul pada layar ketika komputer mendownload situs web. Tipe iklan Interstitial ini meiputi iklan pop up window, splash screen, intermecial, supersetial dan sebagainya. Iklan interstitial baru mencapai pangsa pasar 2%.

D. Iklan Classified

Timbulnya iklan ini merupakan peluang bagi pengiklan local dengan akses yang terbatas. Bentuk iklan ini serupa dengan iklan disurat kabar Koran (iklan baris/iklan mini) jika ingin mencari rumah, mobil, motor, tanah, alat, dan lain sebagainya, menyempitkan pencarian sebuah kota atau Negara. Banyak si sponsori oleh mesin pencarian itu sendri atau oleh media local dari Negara tersebut.

E. Iklan Meta

Iklan meta adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian, spesifikasi terhadap pencarian tersebut. Iklan ini digunakan untuk mesin pecarian, misalnya yahoo. Iklan meta mengacu pada “kata kunci” dari suatu iklan. Metode iklan ini menuju kepada target pasar yang spesifik. Pengiklan membayar kepada mesin pencarian, hanya menampilkan bannernya ketika kata kunci iklan tersebut sesuai dengan yang dicari oleh pemakai. Misalnya mencari dengan kata kunci “multimedia”. Maka banner yang muncul adalah Compaq. Oracle, Barnes & Noble.

F. Iklan URL (Universal Resource Locator)

Jenis iklan ini menggunakan URL sebagai alat periklanan bahwa media ini bebas. Setiap orang dapat mengumpulkan url yang dimilikinya ke mesin pencarian untuk dimasukkan ke dalam list. Orang bisa mempunyai kata kunci yang tepat, namun apabila mesin pencarian tidak meng-indexs listungnya dengan menggunakan “judul” atau “konten” dalam meta tag-nya, maka berbagai upaya yang dilakukan tidak akan menghasilkan apa-apa.

G. Iklan E-mail

Cara lain unutk beriklan di internet adalah dengan memberi alamat-alamat email dan mengirimkan informasi perusahaan kepada orang lain yang berada di dalam list email tersebut. E-mail sedang menjadi channel pemasaran yang mampu menjangkau implementasi yang efektif-biaya serta angka respon yang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan channel periklannan yang lain.

H. Bentuk Iklan Lain-Lain

Iklan online di internet dapat dilakukan dalam sejumlah cara lain yang berkisar dari iklan newsgroup hingga penggunaan kios. Iklan dalam radio internet sedang dijajagi, dan barang kali iklan dalam televisi internet juga akan menyusul. Radio internet terbaik versi majalah yahoo pada tahun 2002 adalah “real.com”, yang menyediakan berbagai fasilitas iklan antara lain, game gratis, real player yang sangat baik dan dpat dicoba secara gratis selama 14 hari, dan dapat menghubungkan dengan lebih dari 2500 stasiun online. Yang lebih menarik lagi adalah iklan yang ditunjukkan kepada anggota-anggota internet community. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan tentang artikel iklan intenet, Untuk referensi artikel tentang iklan internet ini berasal dari buku perancangan iklan internet pada ecommerce, apabila ada kesalahan kata di dalam artikel saya mohon maaf.

Tags: #jenis iklan internet #media iklan internet

Leave a reply "Jenis Jenis Media Iklan di Internet"