Meredam Ledakan Agresi Dalam Psikologi

135 views

Hai hai...Berbicara mengenai persoalan psikologi, apa yang anda pikirkan ?. seperti kata kata teman blogersumatra yang mengambil jurusan psikologi di salah satu perguruan tinggi yang ada di indonesia, dia mengatakan " jangan terlalu sering menilai orang lain, lihat lah dirimu sebenarnya". nah itu dia kata katanya mantap bukan hehehe. sesuai tema di atas yaitu tentang meredam ledakan agresif dalam psikologi berikut adalah penjelasannya.

 

Agresi Psikologi

 

Merdeam Ledakan Agresi

Kita mungkin sudah tidaklah asing mendengar kata agresif ya kalau kita mendengar kata itu fikiran yang tertuju mestilah kekrasan. Disina saya akan membahas mengenai agresi itu agresi dan bagaimna sih cara meredam agresi itu sendiri. Agresi merupakan suatu tindakan yang nerugikan orang lain baik pisik, ucapan,dan sebagainya.

 

Agresi juga bisa dikatakan sesuatu tindakan yang yang menimbulkan orang lain merasa terancam, merasa tidak nyaman akan perlakuan orang lain. Seiring dengan perkembangan informasi tentunya kita sering melihat dan mendengar informasi di media informasi seperti tv hp radio koran dan sebagaina anak-anak di bawah umur yang umumnya masih duduk dibangku sekolah melakukan bully terhadap teman sebayanya bahkan kita sering melihat di tv tawuran pelajar.

 

Agresi tidak hanya serta merta kekerasan terhadap pisil saja tetapi ucapan orang lain yang dapat menimbulkan sakit hati itu juga dapat dikatakan sebagai tindakan agresi. Karena agresi tidak hanya verbal tetapi nonverbal juga. Agresi sangat merupakan hal yang sangat merugikan karena dpaat menimbulkan pertengkaran dsan permusuhan, apalagi dizama seperti ini orang sangat sensitif sekali dalam menghadapi problematika atau respond dari stimulus yang datang, tak jarang hal spele orang tega melakukan tindakan kekerasan terhadap sesamanya.

 

Seorang ahli mengatakan dalam bukunya The social animal bahwasannya disna menceritakan atau nenggambarkan bahwa agresi sebagai tingakh laku yang dilakukan oleh individu dengan maksud melukai atau melecehkan individu lain. Contohnya ada sebuah peristiwa sperti ini ada seseorang yang berbicara kdp kita dia tidak bermaksud menyinggung perasaan orang lain karena perasaan orang lain yang sensitif tak jarang orangvtersebut menafsirkan apa yang kita terima itu melecehkan kita bahkan mengancam harga diri org tsb dari perasaan-perasaan tsb.

 

Baca Juga : Perangkat Lunak untuk bisnis

 

Tak jarang sebagai pemicu utama tindakan kekerasan, apalagi pada seorang remaja yang tingkat emosionalnya berada dalam tingkat yang naik turun atau kita sering menyebutnya labil. Proses kekerasan muncul terhadapa ransangan atau stimulus yang luas baik dari internal ataupun external, bahkan ketika seseorang terkena stimulus atau rangsangan yang membuat dirinya merasa terancam kemudian tak jarang orang tersebut akan melakukan tindak kekerasan kepada orang yang membuatnya terusik tadi bahkan ketika dia tak dapat melakukannya langsung kepada orang tsb maka tak jarang dia akan memanifestasikan atau mengalihkan pada benda mati dan dapat melukai diri sendiri dan itu pun merupakan tindakan agresi.

 

Menurut james william yang mengatakan bahwa sesungguhnya manusia itu memiliki naluri,naluri hewan oleh karena itu manusia acap kali mengungkapkan tinglah laku yang dilakukannya seperti heewan, seperti halnya ketika seseoang tidak dapat menahan emosinya tak jarang akan melakukan kekerasan trhdp org lain yang dipicu masalah sepele. Kemudian.

 

Faktor Yang Memicu Tindakan Agresi

Ada beberapa faktor,faktor yang dapat memicu tindakan agresi yang berakibat fatal, diantarnya seperti adanya kebiasaan meneguk minuman keras atau alkohol secara berlebihan itu akan menyebabkan keseimbangan saraf, sarafnya terganggu khususnya otak, kemudian seseorang yang memiliki karakter tertentu seperti kepribadian labilbil atau yang memiliki masalah psikiatris atau neurologis hal ini dapat memicu tindak agresi, demikian juga dalan pemaiakan obat,obatan terlarang yang dapat mengganggu atau mengurangi kendali diri sekaligus menstimulus keleluasaan dalan bertindak karena hilangnya sarap,saraf yang mengontrol keseimbangan.

 

Dan ada resep ampuh yang dapat dilakukan untuk meredam atau membentengu tindak agresi seperi halnya dengan ajaran agama sejak dini, Oleh karena itu orang tua perlu sejak dini mengajri dasar2 agama supaya mereka tidak tumbuh menjadi pribadi yang mudah terseret zaman.

 

Mungkin hanya itu saja yang dapat blogersumatra sampaikan tentang meredam ledakan agresi dalam psikologi. Apabila ada kesalahan kata dalam penulisan saya mohon maaf. Dan Apabila ada kekurangan dalam memaparkan pembahasan di mohon untuk meninggalkan kekurannya yang anda tahu di kolom komentar. Terimakasih

 

Tags: #Agresi Psikologi #Ledakan Agresi