Pengertian Intelegensi yang Dimiliki Manusia Dalam Psikology

240 views

Pengertian intelegensi manusia. Kita sering pastinya mendengar istilah telegensi, intelegensi tak lain merupakan kata lain dari kecerdasan. seseorang dengan orang yang lain, pastinya memiliki intelegensi yang berbeda-beda  seperti contoh :

 

Seorang montir dengan guru pastinya dalam soal intelegensinya berbeda-beda, jika dijelaskan intelegensi seorang montir biasasanya dia menguasai pada permasalahan kendaraan. tetapi seorang guru belum tentu dia mahir dalam bidang itu, begitu juga sebaliknya, montir tidak mengerti tentang cara mendidik anak yang sudah dikuasai oleh guru.

 

Baca Juga : Teori Psikology Perkembangan.

 

Dari contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa, intelegensi yang dimiliki manusia dengan manusia yang lain memiliki perbedaan-perbedaan. Dan permasalhan yang saat ini terjadi adalah seseorang menganggap seseorang itu pandai dinilai dari IQ-nya yang tinggi.

 

Padahal IQ bukanlah tolak ukur untuk menentukan seseorang dikatan pandai atau tidaknya. IQ hanyalah nilai yang didapat dari tes intelegensi. untuk menentukan intelegensi sendiri sangat sulit untuk didefinisikan.

Biasanya tes intelegensi mencakup beberapa aspek,Salah satunya seperti berikut ini :

  • seperti ketika melihat kemampuan Verbal.
  • pemecahan masalah.
  • dan kemampuan lainnya.

 

Berdasarkan sebuah pemahaman bisa dikatakan bahwa intelek adalah daya atau potensi untuk memahami sesuatu. sedangkan intelegensi merupakan aktivitas atau perilaku sebagai perwujudan dari daya atau potensi tersebut. Sebagian pakar, ada yang berpendapat bahwa intelegensi sebagai kemampuan untuk berfikir secara abstrak.

Pengertian Intelegensi Menurut Ahli

Menurut Calvin intelegensi adalah pengetahuan. jadi intelgensi tidak semerta-merta dapat dikaitkan dengan IQ, tetapi juga bagaimna seseorang dapat memecahkan suatu masalah atau disebut juga Problem solving. Disini tidak hanya IQ saja yang berperan  dalam kecerdasan, emosipun juga diperlukan dan lebih lagi kretivitas. lalu bagaimana seseorang atau kita menyikapi suatu permasalahan, untuk memperoleh pengertian yang lebih luas dan lebih jelas tentang integensi maka dari itu, saya akan menulis beberapa pendapat para ahli. Beberapa pendapat mengenai intelegensi menurut para ahli.

Menurut Alfred Bined, seorang tokoh yang mempelopori  dalam menyusun test intelegensi, yakni test yang terkenal dengan sebutan " stanford binet ". menurut Alfret intelegensi mempunyai tiga aspek kemampuan, yang mana kemampuan tersebut yaitu : Direction atau disebut kemampuan untuk memusatkankan pada suatu masalah yang harus dipecahkan.

Baca Juga : Manfaat Dan Tujuan Pengertian Psikologi

yang dimaksud adalah  mengfokuskan terhadap masalah yang sedang dihadapinya. Adaptation yaitu kemampuan beradaptasi dengan masalah. yang terakhir adalah kemampuan untuk mengeluarkan kritik terhadap masalah.

Edward torndike. intelegensi  adalah kemampuan individu untuk memberikan respons yang tepat terhadap stimulus yang diterimanya. misal, seorang guru menyuruh muridnya untuk mngerjakan tugas dan apabila muridnya mengerjakan itu merupakan respons yang tepat.

Mungkin hanya itu yang dapat blogersumatra.net sampaikan tentang pengertian intelegensi dan pengertiannya, semoga dapat mempermudah bagi yang ingin belajar psikology. dan mengharap doanya agar bisa memposting lagi hal yang bermakna untuk anda.

oleh : Neng Baya.

Tags: #Ilmu Psikology #Intelegensi Psikology

Leave a reply "Pengertian Intelegensi yang Dimiliki Manusia Dalam Psikology"