Rancangan Dan Analisis-Analisis Aplikasi Restaurant Pada Java Neatbeans

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
LAYANAN PEMESANAN MAKANAN & MINUMAN RESTOURANT BERBASIS DEKSTOP

 

BAB I
 
Rumah makan merupakan tempat pengolahan makanan yang memproduksi dan menjual berbagai jenis makanan dan minuman bagi masyarakat luas yang cenderung berkembang pesat. Hal ini sejalan dengan pergeseran pola hidup dari kebiasaan makan di rumah menjadi makan di rumah makan.
 
Restaurant yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua pelanggannya baik berupa makan maupun minum. Dengan adanya layanan pemesanan makanan dan minuman berbasis desktop ini akan memudahkan pemilik restaurant dalam mencatat transaksi serta melayani pelanggan dengan modern.
 
Berdasarkan penelitian dan pengamatan, proses yang digunakan dalam pelayanan aktivitas pemesanan dan pembayaran saat ini masih belum menggunakan sistem. Setiap transaksi direkap melalui nota yang dibuat oleh kasir.
 
BAB II
ANALISIS DAN PERANCANGAN
2.1       Analisis Sistem
2.1.1   Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kelemahan sisitem dibutuhkan untuk mengetahui hal-hal yang kurang optimal dari system yang digunakan saat ini. Untuk mengidentifikasi masalah hal yang perlu  diperhatikan pada bagian analisis  kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efesiensi, dan pelayanan  terhadap pelanggan.
 
2.1.2   Analisis Kelemahan Sistem
Analisis kelemahan sisitem diperuntukan untuk mengetahui apa saja yang kurang optimal dari sistem yang sedang berjalan saat ini. Untuk mengidentifikasi masalah, harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efesiensi, dan pelayanan pelanggan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service). Dari analisis ini akan didapatkan beberapa masalah utama.
2.2       Analisis Kelayakan Sistem
2.2.1   Analisis Kelayakan Teknologi
Kelayakan teknologi dalam menyediakan sebuah kebutuhan sistem yang telah dibuat. Berdasarkan analisis tersebut dari segi softwarenya aplikasi layanan pemesanan makan/minuman berbasis dekstop akan menggunakan software yang terbilang moderen,
 
Aplikasi ini juga akan menjadi peluang untuk dikembangkan karena bahasa pemrograman berbasis desktop sudah sangat canggih, sehingga SDM yang menguasai bidang ini juga sudah cukup banyak. Dilihat dari aspek kelayakan teknologi dan era moderen sekarang, aplikasi ini sudah layak dipasang di berbagi toko kuliner
 
2.2.1.1            Analisis Kelayakan Operasional
Analisis kelayakan operasional dirancang menggunakan sistem dengan memperhatikan bagaimana cara mengoperasikannya.Berdasarkan kebutuhan dari layanan restauran. Bentuk struktur dan design yang sudah di rancang adalah hasil dari pengembangan sistem yang sudah ada.Kelayakan sistem operasional  sudah layak dioperasikan karena SDM dan Infrastruktur di lokasi sudah sangat layak.
 
2.2.1.2            Analisis Kelayakan Hukum
Secara analisis hukum, sistem yang dirancang ini tidak melanggar aturan dari undang-undang yang berlaku, karena sistem ini menggunakan perangkat lunak legal. Software dipakai untuk menerapkan sistem direncanakan software yang orisinil berlisensi untuk istem Operasi Windows 7, dalam proses pembuatannya juga menggunakan software original sehingga bisa dikatakan layak secara hukum.
 
2.2.1.3            Analisis Kelayakan Ekonomi
Dalam segi analisis kelayakan ekonomi meliputi semua biaya yang dikeluarkan dapat membandingkannya dengan semua manfaaat yang diperoleh, Dalam hal ini  semua biaya sesuai dengan rencana dijadikan komponen biaya dan komponen manfaat diperoleh dari tarif atau harga barang/jasa investasi.
2.3       Analisis SWOT/PIECES
2.3.1  Analisis Performance
 Performance atau Kinerja merupakan bagian pendukung dalam kelancaran suatu proses kerja dalam suatu aspek masalah performance atau kinerja ketika suatu sistem yang dijalankan tidak mencapai sasaran atau tujuan. Kinerja atau Performance merupakan suatu kemampuan sistem dalam menyelesaikan suatu tugas dengan jelas sehingga sasaran atau tujuan dapat dicapai.
 
2.3.1.1            Analisis Informasi (Information)
Informasi merupakan elemen yang sangat penting dalam pemasaran atau promosi suatu produk barang atau jasa, dan sangat menunjang seorang pemimpin dalam mengambil suatu keputusan. Dengan sistem informasi yang baik, maka akan menghasilkan informasi yang bermanfaat yang berguna bagi pemimpin untuk menangani masalah dan sebagai pendukung untuk mengambil suatu keputusan, sehingga informasi yang diperoleh akurat, tepat waktu, dan relavan. Berikut analisis Informasi pada Restaurant.
 
2.3.1.2  Analisis Ekonomi (Economic)
Nilai suatu informasi ditentukan oleh dua hal yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkan informasi tersebut. Dengan kemampuan sistem baru secara optimal, beberapa biaya dapat dipangkas, salah satunya adalah biaya SDM. Secara ekonomi sistem yang berjalan sebelumnya masih belum efektif dan efesien. Pertimbangan ekonomi akan dilakukan dengan melakukan perbandingan sejauh mana manfaat dari sistem lama yang diperoleh. Berikut analisis ekonomi pada Restaurant adalah sebagai berikut.
 
2.3.1.3  Analisis Pengendalian (Control)
Analisis Kontrol digunakan untuk meningkatkan kinerja sistem, mendeteksi penyalahgunaan sistem dan menjamin keamanan data dari pihak luar yang tidak berkepentingan. Dengan adanya Kontrol, maka tugas maupun kinerja yang mengalami gangguan bisa diperbaiki. Pengendalian untuk keamanan sistem yang ada pada Restaurant dalam menyebaran informasi masih sulit. Hal ini terlihat dari informasi dengan menggunakan brosur dimana pembuatannya masih manual dan memerlukan waktu keamanan dari data, dan informasi menjadi kurang terjaga.
 
2.3.1.4            Analisis Efisiensi (Effeciency)
Efesiensi yang digunakan dari sistem yang dikembangkan adalah sumber daya yang tersedia meliputi manusia, informasi, waktu, uang, ruang, dan keterlambatan pengolahan data. Dengan adanya sistem baru diharapkan terciptanya suatu sistem pengolahan informasi yang mengurangi biaya operasional dan menambah efektifitas dan efisiensi pada Restaurant.
 
2.3.1.5 Analisis Pelayanan (Service)

Dalam Pelayanan atau service akan memakan banyak manusia atau karyawan untuk melayani konsumen apabilan terjadi penumpukan konsumen jika masih menggunakan sistem lama. Hal utama dalam Pelayanan adalah informasi yang diberikan. Pada sistem lama terkadang banyak informasi yang masih kurang dapat memberikan kenyamanan konsumen karena banyaknya pemesanan. Berikut adalah analisis pelayanan.

Bab lanjutan Rancangan sistem aplikasi restaurant java netbeans

Tags: #Rancangan Dan Analisis-Analisis Aplikasi Restaurant Pada Java Neatbeans

Leave a reply "Rancangan Dan Analisis-Analisis Aplikasi Restaurant Pada Java Neatbeans"