Mengenal Ruang Lingkup Cisco IOS Sistem Operasi

83 views

Hai teman teman, pada kali ini blogersumatra.net ingin berbagi rangkuman tentang ruang lingkup cisco IOS sistem operasi. materi ini merupakan dari tugas yang di berikan pada sekolahan, berikut adalah ringkasan yang saya rangkum untuk memenuhi tugas sekolah.

 

Cisco IOS adalah sistem operasi multitasking yang terintegrasi dengan routing, switching, internetworking, dan fungsi telekomunikasi.Cisco menciptakan berbagai jenis IOS image, tergantung pada model router dan fitur dalam IOS. Biasanya IOS dengan fitur yang lebih banyak, semakin besar pula IOS image nya, dan karenanya, flash dan RAM dengan kapasitas lebih diperlukan untuk menyimpan dan memuat IOS. Sebagai contoh, beberapa fitur termasuk kemampuan untuk menjalankan IPv6 atau kemampuan untuk router untuk melakukan NAT (Network Address Translation).

ruang lingkup cisco

Gambar ciso ios sistem jaringan

Cisco IOS memiliki antarmuka pengguna sendiri, Meskipun beberapa router menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI), antarmuka baris perintah (CLI) adalah metode yang jauh lebih umum untuk mengkonfigurasi router Cisco. CLI digunakan di seluruh pelatihan cisco.

 

Setelah boot, file startup-config dalam NVRAM disalin ke RAM dan disimpan sebagai file running-config. IOS mengeksekusi perintah konfigurasi di config running-. Setiap perubahan yang dimasukkan oleh administrator jaringan disimpan pada konfigurasi berjalan(running config) dan segera dilaksanakan oleh IOS.

 

Fungsi IOS

Fungsi utama yang dijalankan oleh router dan siwtch Cisco adalah:
1. Mendukung keamanan jaringan
2. IP addressing pada interface fisik dan virtual
3. Menjalankan konfigurasi secara spesifik pada interface untuk mengoptimalkan konektifitas sesuai media Routing
4. Menjalankan teknologi Quality of Service (QoS)
5. Teknologi managemen jaringan

 

Metode akses Cisco IOS Device (Router/Switch)

Metode yang sering dipakai untuk mengakses Cisco IOS Device adalah:Console,Telnet atau SSH,AUX port.

Metode Akses Melalui Console

Port console adalah sebuah port managemen ke alat Cisco dengan jalur akses yang disebut out-of-band. Out-of-band access merujuk pada akses melalui channel managemen khusus yang digunakan hanya untuk kebutuhan maintenance.Keuntungan menggunakan port console adalah bahwa alat bisa diakses walau alat tersebut belum dikonfigurasi layanan apapun.Untuk IOS device pada umumnya, secara default akses console tidak memerlukan bentuk keamanan apapun. Walaupun akses console dilengkapi dengan password untuk mencegah akses tanpa otoritas, disaat password hilang alat masih bisa diakses dengan prosedur tertentu dan mem-bypass password. Oleh karena itu IOS device harus disimpan pada ruangan yang terkunci atau diamankan secara fisik.

 

Metode Secara Remote (Telnet/SSH)

Telnet adalah sebuah metode untuk membuat koneksi secara remote (jarak jauh) ke session CLI, melalui interface virtual di jaringan.Session telnet membutuhkan layanan jaringan yang aktif pada alat. Alat jaringan minimal harus telah dikonfigurasi satu interface dengan IP address. Cisco IOS device memiliki telnet server dan client, sehingga bisa di telnet melalui telnet client dan bisa melakukan telnet ke server telnet lain.

 

Protokol Secure Shell (SSH) merupakan login remote seperti telnet, bedanya SSH menggunakan layanan jaringan yang aman. SSH mendukung otentikasi password yang lebih kuat dari telnet dan menggunakan enkripsi ketika mentransmisikan data session. Hal ini memungkinkan user ID, password dan detail session managemen lainnya tetap private. Pada praktiknya, lebih baik menggunakan SSH dari pada Telnet.

 

Metode AUX

Dengan cara memakai koneksi dial-up telepon menggunakan modem yang terkoneksi ke port auxiliary (AUX) pada router. Metode AUX merupakan koneksi out-of-band yang tidak memerlukan layanan jaringan pada alat. Pada kasus alat mengalami kegagalan service, administrator masih bisa mengakses secara remote melalui jalur telepon. AUX juga bisa digunakan secara lokal seperti konsole, dikoneksikan secara langsung ke komputer yang menjalankan terminal emulator. Namun begitu, port console lebih direkomendasikan untuk dipakai dari pada AUX, karena console menampilkan startup, debugging dan pesan error secara default.

Tags: #belajar cisco #jaringan cisco #rangkuman cisco #ringkasa cisco #tugas sekolah tentang cisco

Leave a reply "Mengenal Ruang Lingkup Cisco IOS Sistem Operasi"