Sejarah Generasi Komputer

266 views

Apakabar sahabat blogsumatra.net hehehe...pada kali ini admin ingin berbagi pengetahuan tentang sejarah generasi komputer, yuk simak penjelasannya. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimana setiap pekerjaan dapat segera terselesaikan hanya dengan hitungan menit dan jam. Banyak manfaat yang dapat diambil dari kemajuan tehnologi diera globalisasi ini, dan juga pastinya terdapat banyak ruginya pula dengan kemajuan tehnologi yang semakin pesat. Khusususnya komputer, dapat kita analisa bahwa dengan adanya komputer, persoalan pekerjaan dapat terbantu dan menjadi sarana termudah dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

 

Disisi lain komputer dapat membahayakan terhadap penggunanya semisal komputer digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Diera ini sudah tak dapat dipungkiri lagi setiap gerak gerik kehidupan tidak bisa lepas dengan yang namanya komputer. Yang mana komputer sudah menjadi kebutuhan utama dikehidupan sehari-hari. Begitupun dengan dunia Gadget atau era Digital ini. Secara tidak langsung bagi sahabat yang baru mengenal, pasti bertanya-tanya, bagaimana komputer dapat terus berkembang dan exis sampai saat ini? Mari kita belajar mulai dari sejarah awal mula komputer ditemukan pertama kali.

 

Sejarah Generasi Komputer Awal Mula

Pada awal mulanya komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang, yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir semua berhubungan dengan masalah aritmatika.Tetapi komputer modern di era modern tidak hanya dipakai untuk perhitungan, dapat juga untuk banyak tugas yang yang tidak berhubungan dengan perhitungan atau matematika.

 

Definisi Komputer

Definisi komputer secara luas yaitu sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk print out.

 

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah seperti diatas sudah dianggap tidak relevan jika dimaknakan dengan komputer di era global ini menurut para ahli komputer didefinisikan :

 

Komputer adalah merupakan suatu system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuah memory.

 

Dari definisi diatas komputer dari awal pertama ditemukan memiliki kemajuan yang perlu untuk diketahui dan dipelajari, hingga komputer berbentuk seperti yang ada pada saat ini. Baik dari segi bentuk, kecanggihan dan spesifikasinya. Berikut adalah sejarah generasi komputer.

 

Lima Sejarah Generasi Komputer

Sejarah Generasi Komputer Pertama

Generasi komputer Pertama (1944-1959) Generasi pertama komputer memiliki komponen yang signifikan smisal: Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Dengan bahan baku yang terdiri dari kaca komputer generasi pertama banyak memiliki kelemahan, seperti: Mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Dengan itu perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dengan adanya komponen tambahan komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal.

 

Seperti Pada tahun 1946, komputer elektronik besar pertama kali didunia ENIAC, yaitu komputer yang terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt dengan berat 30 ton. Pertama kali komputer ENIAC dinyalakan di Philadelphia. ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah komputer pertama di dunia.

 

Sejarah Generasi Komputer Ke-Dua

Generasi komputer Kedua (1960-1964) Pada tahun 1960-an perkembangan komputer semakin cepat yaitu ditandai dengan munculnya komputer IBM buatan Amerika Serikat, dengan memanfaatkan Transistor ( Transfer Resistor.) yang merupakan ciri khas komputer generasi ke dua dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.

 

Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan: Tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. Sifat dari komputer IBM ini bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

 

Sejarah Generasi Komputer Ke-Tiga

Generasi komputer ketiga (1964-1975) dari penemuan komputer generasi kedua akhirnya banyak peneliti dapat menciptakan transistor dengan banyak fungsi dengan bentuk yang semakin kecil dan amat relatif murah, bentuk dari transistor mirip Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter, yang kemudian disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara 1 arah ataupun berlawanan, dan membuahkan sinyal dalam kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan dan popular menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer.

 

Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili 1 bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada di dalam 1 chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

 

Sejarah Generasi Komputer Ke-Empat

Generasi Keempat (1975-Sekarang) Chiri khas komputer generasi keempat ialah proseseor pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. dan merupakan kelahiran dari komputer personal pertama kali, Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.

 

Pada generasi ini dapat tercipta komputer Apple I, yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan desaind menaruh hadware microprocessor pada circuit board komputer. kemudian karya diatas disusul dengan munculnya TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dilanjut Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard. Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb. IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit.komputer personal ini sekejap dapat polar disebabkan karena harga yang ditawrkan relatif murah dan merupakan nama dari pengembangan komputer IBM.

 

Sejarah Generasi Komputer Ke-Lima

Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan) LSI (Large Scale Integration) merupakan ciri khusus dari komputer generasi ke lima, dengan kolaborasi pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor dan ada yang berbentuk semi konduktor. karya tersebut dipelopori oleh Perusahaan-perusahaan : Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. se,isal pentium-4 yang dirancang dengan tehnologi0.18 mikron dengan menghrap munculnya pentium-4 ini merupakan penyempurnaan dari produk sebelumnya. dan merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation.

 

Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. dibanding dengan Pentium 3. selain itu muncul Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB, serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. salah satu contoh dari pentium-4 ialah ; Pavilion yaitu PC dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.

 

Kesimpulan Dari Sejarah Generasi Komputer

Dari penjelasan diatas merupakan penjelasan singkat mengenai sejarah mulai dari awal munculnya komputer yang berupa mesin hitung ( calculator ) dan dikembangkan hingga muncul komputer dari generasi ke generasi dengan perkembangan komputer yang semakin pesat tidak dapat dipastikan mengenai pelopor pertama kali yang merancang sebuah komputer dengan sempurna namun dari penjabaran diatas dapat diketahui munculnya komputer-komputer mulai dari generasi pertama sampai generasi yang ada pada saat ini.

 

Baca Juga

Rangkuman Pengertian Algoritma Secara Singkat
Pekerjaan Online Yang Menghasilkan Uang
Teknologi Informasi Untuk Bisnis
Facebook Untuk Bisnis
Trik Dapat Uang Tanpa Modal

 

Mungkin hanya itu yang dapat blogersumatra.net sampaika tentang sejarah generasi komputer, apabila ada kesalahan kata dalam penulisan mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Tags: #Definisi Komputer #Generasi Komputer #Lima Generasi Komputer #Sejarah Generasi Komputer #Sejarah Komputer

Leave a reply "Sejarah Generasi Komputer"