Sejarah Munculnya Ilmu Psikologi Secara Singkat

276 views

Salam sejahtera sahabat blogersumatra, hehehe bagaimana kabar kalian sehatkan. Oiya pada pembahasan ini blogersumatra akan bebrbagi pengetahuan tentang ilmu sosiologi yang tentunya pasti bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam ilmu psikologi, dan lebih tepatnya membahasan tentang sejarah munculnya ilmu psikologi secara singkat. Pembahasan ini blogersumatra dapatkan dari teman seorang blogger juga. ok baiklah langsung simak aja di bawah ini.

 

Sejarah Munculnya Ilmu Psikologi Secara Singkat

Ilmu psikology pada awalnya tidak lepas dari ilmu filsafat, dimana ilmu filsafat yang berasal dari Yunani ini merupakan ilmu tentang sebab akibat yang membahas segala sesuatau yang tak lepas menggunakan akal dan pikiran dengan dasar-dasar yang telah ditentukan.

 

Tetapi pada masa itu belum ada bukti empiris tentang filsafat, kemudian bercabang menjadi displin ilmu yang mempelajari tentang jiwa, dimana kata psyce berarti jiwa dan logos berarti ilmu.

 

Dan dapat dikatakan psikologi itu merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia, baik perbuatan maupun penghayatan dalam hubungannya dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Munculnya ilmu psikology dipelopori oleh wiliam james seorang tokoh dari amerika yang terkenal pendiri madzhab pragmatisme selain mahir dibidang psikology.

 

Wiliam james menentang pandangan sebelum dia, bahwa kesadaran tidak mewujudkan kesatuan lahiriyah. ia justru menyatakan bahwa kesadaran adalah suatu fungsi yang bersumber dari pengalaman murni" yang dimaksud adalah perubahan yang terus dari kehidupan manusia, dan akan menjadi bahan refleksi manusia pada masa depan.

 

Baca Juga : Teori Psikologi Perkembangan

 

Bebrapa tokoh terkemuka dalam ilmu psikologi daiantarya Plato, Aristoteles, Jhon Lock, Sigmun Freud dan sebagainya. Dimana para tokoh ini mempunyai teori-teor yang berbeda tentang ilmu ini. seperti teori plato bahwasannya jiwa itu dapat di gambarkan dari, otak yang digunakan untuk berfikir, kemudian dada atau kata hati untuk bertindak, dan keinginan berada di bagiian perut.

 

Dikatakan juga seseorang mempunyai jiwa dapat dilihat dari fisik dan kemampuan berfikirnya. Lalu teori Aristoteles menjelaskan tentang tingkatan organisme dimana tingkatan tersebut yaitu tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia merupakan tingkat atau kodrat yang tertinggi. Kumdian teori dari sigmun freud yang paling terkenal bahwasanya manusia itu terbagi dalam tiga komponen yakni: id, ego, dan super ego.

 

Dimana id ini adalah untuk kesenangan, ego sebagai jembatannya, dan super ego adalah yang menjalankan tapi sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, teori ini merupakan teori yang baru dan sebelum teori ini dipatenkan ada teori freud yang mengatakan bahwa manusia itu terdapat dua kompnen yakni sadar consiuous, dan tidak sadar unconsious.

 

Kemudian peranan psikologi ini diantaranya untuk mendeskripsikan prilaku ataau tingkah laku seseorang, kemudian untuk meneragkan bagaimana seseorang tersebut dapat berbuat demikian, lalu mernghubungkan peristiwa tersebut dengan teori yang sudah ada, lalu dalakukan prediksi tenantang penomena atau peristiwa yang terjadi kemudian setelah dipredikisi dilakukanlah yang namanya dignosis atau dengan akronim penilaian sementara setelah di pastikan penyebabnya maka dilakukan lah prognosis atau penangan gejala.

 

Ada beberapa aliran dalam ilmu psikologi ini diantaranya, aliran strukturalisme, aliran fungsional, aliran psikoanalisis, aliaran gestalt, aliran behaviourisme. Selanjutnya akan di jelaskan aliran-aliran tersebut.

 

Baca Juga : Sejarah Generasi Komputer

 

Itulah sejarah singkat lahirnya ilmu psikology, dengan dasar dasar yang akurat yang hal itu tidak lepas dari akal dan fikiran sebagai landasannya, sekalipun memiliki banyak pertentangan, yang salah satunya yaitu tokoh islam, yakni ; Iman Al-Ghozali, namun psikology bersih kokoh atas ilmu itu. semoga bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf yang sebsr besarnya.

  • Aliran struktualisme ini merupakan teori jean piaget yang mengatakan bahwa kepribadian itu terdiri totalitas, transformasi (peralihan) dan penguatan diri.
  • Aliran fungsional dimana kepribadian itu berasal dari pikiran, proses mental, presepsi indrawi, emosi, dan adaptasi.
  • Aliran psikoanalisis dikatakan bahwa keprbadian itu ditinjau dari masalalu dan berdasarkan kebutuhan primitif atau kebutuhan dasar (biologis)
  • Aliran gestalt bahwa kejiwaan dipelajari berdasarkan stimulus-respond
  • Aliran behaviorisme menurut teori Jean B waston dikatakan bahwa perilaku yang tampak merupakan hasil dari belajar.

 

Mungkin hanya itu saja yang dapat blogersumatra sampaikan. apabila ada kesalahan kata dalam penulisan tentang sejarah munculnya ilmu psikologi secara singkat , kami pihak blogersumatra memohon maaf dan terimakasih telah berkunjung.

Oleh: nenengbaya

Tags: #Ilmu Psikologi #Pengertian Psikologi #Psikologi #Rangkuman Psikologi #Sejarah Psikologi

  1. Teori Psikologi Perkembangan - Blogersumatra3 bulan ago

    […] Sejarah munculnya ilmu psikologi secara singkat […]

    Reply

Leave a reply "Sejarah Munculnya Ilmu Psikologi Secara Singkat"