Sejarah Perkembangan Psikologi

281 views

Hai hai hai apakabar teman teman... pada kesempatan kali ini admin blogersumatra.net ingin berbagi ilmu tentang sejarah perkembangan psikologi secara singkat. Materi psikologi yang terposting ini di tulis dan dirangkum oleh penulis yang sudah tercantum di bawah artikel.

 

Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, kita juga harus tahu tentang sejarah perkembangan psikologi. Ada beberapa ahli yang berpendapat tentang psikologi pendidikan. Beikut adalah definisi definis yang telah terangkum dalam ilmu psikologi.

 

Perkembangan Psikologi Menurut Ahli

Menurut Chauhan

Teori pertama menurut Chauhan (1979) yang berpendapat bahwa psikologi pendidikan adalah suatu proses pendidikan yang mencoba membangun tingkah laku manusia semenjak berusia muda hingga tercapai tujuan akhirnya. Secara singkat dan tegas Chauhan mengemukakan bahwasannya psikologi pendidikan sebagai pembentukan atau modifikasi tingkah laku individu dalam masyarakat.

 

Bisa di pahami bahwasannya pendidikan itu tidak hanya di bangku sekolah saja. Tetapi di kehidupan sehari2 juga. Segala hal yang sifatnya mengajari dan membuat orang yang tadinya tidak mengerti menjadi mengerti ini juga termasuk pendidikan, dengan tanda kutip non formal.

 

Pelopor psikologi pendidikan adalah herbart dan frobel. Mereka mengembangkn pendekatan pendidikn dengan mengembangkn prinsip2 psikologi. Mereka menggunakan perinsip ini di karenakan kepribadian manusia adalah bersifat dinamis artinya kepribadiaan menusia dapat berubah karena kebiasaan yang di jalaninya.

 

Baca juga : Teori Psikologi Perkembangan

 

Sedangkan frobel menggunakan metode pengajaran kindergaten yang di peruntukan untuk anak-anak. Artinya frobel mengenalkan pendidikan sedini mungkin. Seperti kita tahu bahwa sannya masa depan seorang akan di pengaruhi oleh  5 tahun pertamanya. Seperti kita tahu bahwa 5 tahun pertama pada manusia itu merupakan masa golden atau masa emasnya.

 

Dimana pada masa ini manusia ingatnnya sangat kuat sekali. Oleh karena nya khususnya kepada kedua orang tua hendaknya jangan menyia-nyiakan masa emas ini. Perkembangan psikologi perkembangan pada waktu ke waktu berkembang sangat pesat hal ini di indikasikan dngan munculnya berbagai ahli seperti: Stanley hill, galton, dan ebinghaus. 

 

Ketiganya berhasil menerbitkan hasil study nya dalam bidang yang berbeda. Galton misalnya telah meneliti genetika, sedangkan ebbinghaus telah meneliti eksperimental pengamatan dan ingatan pada manusia, ada seorang ahli psikologi juga yang menitik beratkan perbedaan individu dan tea mental.

 

Menurut A. Binet

Menurut A. Binet (1905) yang membuat tes kecerdasan dan skala IQ yang dapat di terapkan pada individu manusia yang hendak di ungkapkan tingkat kecerdasannya. Pada awal penelitian  abad ke 20 psikologi pendidikan berkembang dengan munculnya eksperimen-eksperimen belajar, seperti Pavlop. Yang akhirnya mengeluarkan  teori kondisional klasik, thorndike menghasilkan teori S-R atau stimulus respond artinya bagaimana kepekaan atau respon manusia terhadap stimulus atau rangsangan yang di hadapi.

 

Baca Juga : Perangkat Lunak Untuk Bisnis Anda

 

Kemudian skiner menghasilkan teori operan (reinfotcement) bisa negatif dan positif. Ketika seseorang melakukan kebaikan maka akan di berikan reinforcement positif atau reword atau hadiah. Ketika seorang melakukan kesalahan maka akan di berika  reinforcement negatif berupa funishment atau hukuman. Lalu kohler dengan teori belajarnya tentang insghit atau imitasi (model) bisa jadi perilaku sesorang di dapatka  nya dr meniru orang yang berpengaruh pada dirinya. Misalnya orang tua pada anaknya.Sekian sejarah singkat tentang psikologi perkembangan semoga bermanfaat bagi para pengunjung yang bersedia mampir diblog ini.

 

Ditulis oleh : cakwafe

Tags: #Perkembangan Psikologi #Sejarah Psikologi