Teori Psikologi Perkembangan

192 views

Pada pembahasan ini blogersumatra.net ingin berbagi informasi tentang teori psikologi perkembangan. Teori psikologi perkembangan adalah teori yang merupakan konseptualisasi atau suastu pengertian yang diperoleh melalui jalan yang sistematis. suatu teori harus dapat di uji kebenarannya, bila tidak dapat dibuktikan kebenarannya maka bukan disebut teori. begitu juga teori dapat memandang suatu gejala dari segi berbeda-beda, misalnya dapat menerangkan, menganalisa dan menginterpretasi secara kritis.

 

Macam Macam Teori Psikologi Perkembangan

Macam-macam teori yang perlu sahabat ketahui  dan perlu dipraktikkan untuk memudahkan pembelajaran dan pengambilan suatu teori dengan benar dan pas sesuai dengan keadaanya, berikut adalah definisi teori perkembangan yang sudah di rangkum :

 

Teori Berorientasi Biologis

Teori yang berorientasi biologis. Teori ini menitik beratkan apa yang sering kita sebut dengan bakat, jadi faktor keturunan dan konstitusi yang dibawa sejak lahir. dengan begitu perkembangan ini bersifatendogen  artinya perkembangan ditentukan secara biologis dan tidak dapat dirubah lagi. pengaruh lingkungan dan lainnya hanya berperan sekedarnya saja. kekurangannya teori ini sangat lemah dan hampir tidak diakui lagi hal tersebut nampak dari penelitian anak kembar identik( satu telur) yang dibesarkan dalam lingkungan berbeda-beda maka perbedaan atau perkembangan berbeda.

 

Teori Lingkungan

Teori lingkungan .teori ini termasuk teori belajar dan teori sosialisasi yang bersifat sosiologi. menurut teori ini seseorang yang telah berkembang ketika seseorang tersebut sudah dapat belajar berjalan yakni cara belajar sensori-motorik,  termasuk belajar ber-gaul dan berfikir logis. jadi ketika seseorang hidup dalam suatu lingkungan tertentu , maka seseornag tersebut akan memperlihatkan pada tingkah lakunya yang khas dengan lingkungannya. kekurangan teori ini adalah kurangnya memperhatikan akan pengaruh bawaan yang juga relatif kuat dalam perkembangan seseorang.

 

Teori Psikodinamika

Teori psikodinamika. teori ini hampir sama dengan teori belajar, dalam hal pandangan akan pentingnya pengaruh lingkungan hanya saja da;lam teori psikodinamik ini ada kompenen yang bersifat sosio-afektif  yakni ketegangan yang ada dalam diri seseorang, yang merupakan penentu dinamikanya. Menurut Freud  manusia dilahirkan dengan dua kekuatan, energi biologis yaitu:  libido dan nafsu mati. Semisal struktur anak pada saat dilahirkan disebut dengan " Das Es" ( mendorong anak untuk memuaskan nafsun ) maksutnya kenikmatan.

 

Tetapi nyatanya anak terkelilingi realita hingga dia harus melakukan suatu kompromi ( prinsip realitas ) yang nantinya dari itu akan timbullah struktur lain "Das Ich" (Aku) sebagai penentu diri  dari dunia luar maupun " Das Es" sehingga pemuasan nafsu ditunda hingga realita itu datang dan terkadang pemuasan tersebut berubah menjadi bentuk, hingga dapat diterima oleh norma realitasnya.

 

Kemudian karena pengaruh lingkungan dan orang tua terbentuklah " Das Ueber Ich" yang berfungsi untuk mengatur tingkah laku dari tuntutan " Das Es" apabila " Ich" tidak dapat mengatur dorongan " Es" maka akan diubah atau ditekan secara tidak sadar. Akibatnya seseorang dapat melakukan sesuatu yang tidak diketahui alasannya seperti; Bermimpi, Reflek, dan lainnya.

 

Teori Ilmu kKeruhanian

Teori ilmu keruhanian. tokoh teori psikologi keruhanian ini adalah "Eduard Spranger" titik berat pemikirannya terletak pada kekhususan psikis individu. gejela psikis  seseorang sulit untuk diterangkan seperti halnya fisik, tetapi untuk melihat gejala psikis dapat dilihat  dari gejala fisiologis yang timbul misalnya pada permulaan pemasakan seksual ( Masa pubertas ) teori ini masih tergolong spekulatif mungkin karena bertitik tolak dari perhatian antropologi , namun ide-ide spranger banyak dianut oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli misal diantara :

Seksualitas dan kasih sayang,ide pembentukan rencana hidup yang bersifat lebih dari pemilihan pekerjaan saja, juga dianut oleh para penulis lainnya.

 

Teori Intraksionisme

Teori intraksionisme. Teoritikus yang terkenal dalam teori ini adalah Piaget, menurutnya piaget hanya mementingkan perkembangan intelektual dan mora;l, moral dipandang sebagai tingkat perkembangan intelektual anak. Inti dari teori ini  menurut piaget perkembangan harus dipandang sebagai kelanjutan" genesa embrio " perkembangan tersebut berjalan melalui beberapa stadium atau tingkan yang berfungsi untuk meningkatkan struktur yang lebih tinggi , tetapi hal ini masih dipengaruhi beberapa faktor diantaranya pemaksaan, transmisi sosial.

 

Baca Juga

Manfaat dan tujuan pengertian psikologi

Sejarah munculnya ilmu psikologi secara singkat

Cara membuat website dengan hanphone

 

Mungkin hanya itu yang dapat blogersumatra.net sampaikan tentang teori psikologi perkembangan. apabila ada kesalahan kata dalam penulisan mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Tags: #Ilmu Psikologi #Jenis Psikologi Perkemabanga #Macam Macam Psikologi Perkembangan #Pengertian Psikologi #Psikologi Perkembangan

  1. Sejarah Munculnya Ilmu Psikologi Secara Singkat - Blogersumatra3 bulan ago

    […] Baca Juga : Teori Psikologi Perkembangan […]

    Reply
  2. Pengertian Intelegensi yang Dimiliki Manusia Dalam Psikology - Blogersumatra3 bulan ago

    […] Baca Juga : Teori Psikology Perkembangan. […]

    Reply
  3. Sejarah Perkembangan Psikologi - Blogersumatra3 bulan ago

    […] Baca juga : Teori Psikologi Perkembangan […]

    Reply

Leave a reply "Teori Psikologi Perkembangan"